Pengertian Kata Pengantar

Kata Pengantar

Pengertian Kata Pengantar
Kata Pengantar ialah suatu halaman yang berisikan ucapan dari si penulis atas selesainya penulisan karya tulis tersebut baik perihal ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih, obyek dan faedah penulisan serta terhitung kritik dan petunjuk yang membangun. Kata pengantar terbagi dalam 3 bagian yaitu pembukaan, isi dan penutup.

Fungsi Kata Pengantar
Kata pengantar berguna mengantarkan pembaca kepada isi atau deskripsi yang terdapat di dalam suatu karya ilmiah. Dengan begitu, kata pengantar bukan hanya berisi ucapan terima kasih kepada Tuhan dan orang-orang yang menunjang penulisan makalah serta permohonan maaf atau kelemahan-kelemahan karya ilmiah yang ditulis.

Kata pengantar terhitung berisi perihal deskripsi lazim perihal bahasan tersebut. Bahkan, kata pengantar terhitung ditambah bersama dengan deskripsi yang mendorong menumbuhkan minat orang lain untuk membaca karya ilmiah kita.

Unsur – Unsur Kata Pengantar Apa aja isi kata pengantar?
Berisi ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
Penjelasan perihal adanya tugas penulisan karya ilmiah
Penjelasan adanya perlindungan dan perlindungan dari bermacam pihak
Ucapan terima kasih
Penyebutan nama kota, tanggal, dan bulan.
Tidak lupa terhitung untuk membubuhkan isyarat tangan penulis.
Harapan penulis pada tulisannya kepada pembaca
Manfaat bagi para pembaca dan ketersediaan untuk terima kritik dan petunjuk dari para pembaca
Cara membawa dampak kata pengantar yang baik dan benar
Dalam sistem merangkai kata pengantar sebaiknya gunakanlah kata-kata efektif dan bhs yang baku supaya mudah dimengerti oleh pembaca. Kata – kata yang benar terhitung kudu diperhatikan dalam sistem penyusunan kata pengantar. Penggunaan kata yang baik dan benar terasa dalam kata-kata pembuka, kata-kata penutup maupun isi kata pengantar tentunya menjadi hal yang terhitung kudu diperhatikan dalam membawa dampak kata pengantar.

Baca Juga Konjungsi Subordinatif
Berikut ini lebih dari satu langkah pas membawa dampak kata pengantar :

1. Ucapan Terima Kasih Tuhan Yang Maha Esa

Cara membawa dampak kata pengantar pertama adalah uraikan ucapan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa pada Paragraf pertama. Ucapan terimakasih bisa Anda sampaikan dan lampirkan , disertai bersama dengan judul makalah di paragraf pertama.

“Dengan menyebut nama Tuhan yang Maka Kasih dan Penyayang, penulis panjatkan puji syukur, atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis telah sukses menyelesaikan makalah bersama dengan judul (… )”

2. Uraikan Tujuan Penulisan Makalah pada Paragraf Kedua

Tahap selanjut nya yang kedua jangan sampai terlupa untuk melampirkan isi dan obyek penulisan kudu ada. Misalnya, seperti dibawah ini.

“Dalam Penelitian ini penulis melakukan bersama dengan obyek untuk memenuhi kewajiban sebagai syarat dalam menyelesaikan tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia”

3. Ucapan Terimakasih pendukung

Paragraf ke-3 dalam kata pengantar umumnya berisi ucapan terimakasih kepada pihak yang telah menunjang pada sistem penyusunan karya tulis atau makalah.

“Makalah Bahasa Indonesia yang berisi perihal pemanfaatan susunan kata-kata ini telah semaksimal mungkin penulis susun dan selesaikan. Dengan ini, penyusun sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah sudi menunjang sistem penyusunan sampai makalah ini sukses diselesaikan.”

4. Kritik dan Saran

Paragraf ke-4 berisi petunjuk dan kritik perihal isi karya tulis tersebut.

“Penulis tahu bahwa makalah yang telah disusun mempunyai banyak kekurangan baik dalam tipe bhs maupun teknik penulisan. Oleh sebab itu, penulis sangat terbuka terima kritik dan petunjuk pembaca supaya karya tulis ini bisa diperbaiki.”

5. Penutup

Cara terakhir, paragraf kelima ialah penutup. Dalam bagian penutup lampirkan bersama dengan nama terang penyusun dan isyarat tangan.

Baca Juga Surat Kuasa
“Penyusun meminta makalah ini selamanya memberi faedah dan menginspirasi para pembaca.”

Bandar Lampung , 21 April 2017

Desi Ariyanti

Contoh Kata Pengantar
Alhamdulillahi Rabbil’Alamin, puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT, sebab bersama dengan rahmat, taufik serta hidayah-nya supaya tugas kolektif yang berupa makalah bersama dengan judul (mengganti judul makalah), ini bisa teratasi bersama dengan pas waktunya.

Walaupun bersama dengan bermacam macam halangan atau rintangan. Dan tidak lupa Shalawat serta salam dapat selamanya tercurah ke pangkuan Baginda Nabi Besar Muhammad SAW yang kami nantikan syafa-atnya di yaumul qiyamah nanti, Amin.

Makalah ini disusun sebagai bahan diskusi yang menghendaki kami presentasikan dan merupakan implementasi dari program studi aktif oleh Dosen pengajar mata kuliah (ganti bersama dengan nama mata kuliah).

Semoga bersama dengan tersusunnya makalah ini bisa tingkatkan khazanah keilmuan dalam bertekun (ganti bersama dengan nama mata kuliah) dan memberi tambahan faedah bagi pembacanya.

Dalam penyusunan makalah ini, penyusun tahu bahwa masih banyak kesalahan dan kekhilafan di dalamnya. Oleh sebab itu, kritik dan petunjuk yang berupa membangun selamanya kami mengharapkan demi penyempurnaan makalah berikutnya

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *